HARI KANKER SEDUNIA 2023

HARI KANKER SEDUNIA 2023, INFORMASI SEPUTAR PENYAKIT KANKER

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, Sahabat RSIB Segala puji bagi Allah subhanahu wa ta’ala atas segala nikmat-Nya. Shalawat dan salam semoga senantiasa tercurah atas panutan kita Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam, keluarganya, sahabatnya, dan semua orang-orang yang istiqamah di atas ajarannya hingga hari kiamat tiba.

Kesehatan dalam Islam adalah perkara yang penting, ia merupakan nikmat besar yang harus disyukuri oleh setiap hamba. Sahabat RSIB yang di rahmati Allah SWT hari ini adalah tepat hari Kanker Sedunia yang di peringati setiap tanggal 4 Februari. Peringatan ini pertama kali diinisiasi oleh Union for International Cancer Control (UICC). Tujuan peringatan ini adalah untuk meningkatkan kesadaran terhadap kanker dan mendorong pencegahan, deteksi, dan pengobatan kanker.

Apa itu kanker?

Dikutip dari Kementerian Kesehatan, penyakit kanker merupakan penyakit tidak menular yang ditandai dengan adanya sel/jaringan abnormal yang bersifat ganas, tumbuh cepat tidak terkendali dan dapat menyebar ke tempat lain dalam tubuh penderita. Sel kanker bersifat ganas dan dapat menginvasi serta merusak fungsi jaringan tersebut. Penyebaran (metastasis) sel kanker dapat melalui pembuluh darah maupun pembuluh getah bening. Sel penyakit kanker dapat berasal dari semua unsur yang membentuk suatu organ, dalam perjalanan selanjutnya tumbuh dan menggandakan diri sehingga membentuk massa tumor.

Tanda atau gejala apa saja yang perlu diketahui?

Kanker bisa dibagi menjadi beberapa jenis dan bisa dikenali gejalanya, yaitu:

  1. Kanker Payudara. Ganasnya sel-sel pada jaringan payudara biasanya dibarengi dengan munculnya benjolan berisi dan berjalan pada jaringan kulit payudara. Tekstur kulit payudara terasa berbeda yaitu mengeras seperti kulit jeruk. Perhatikan juga jika terdapat luka pada bagian payudara yang tidak sembuh. Dari puting, terdapat cairan yang keluar. Kulit payudara pun ada cekungan dan tarikan.
  2. Kanker Leher Rahim. Kanker leher rahim ini tumbuh pada jaringan leher rahim. Gejala yang timbul biasanya pada wanita dewasa menikah atau pada wanita yang sudah berhubungan seksual atau secara aktif melakukan kegiatan seksual. Gejala yang timbul meliputi Haid tidak teratur, nyeri panggul serta nyeri saat berhubungan seksual. Selain itu, keluar cairan dari vagina berupa keputihan ataupun kekuningan. Gejala paling parah terjadi ketika ada pendarahan bukan saat haid.
  3. Kanker Paru. Di tahap awal, kanker paru tidak menunjukkan gejala apa pun. Gejala baru akan muncul saat perkembangan kanker paru sudah mencapai tahap tertentu.
  4. Kanker Korektal. Beberapa gejala sudah mulai terlihat pada penderita Kanker Korektal tanpa menunggu waktu yang lama. Biasanya, akan menderita sakit diare atau kram dan nyeri punggung.

Berkenaan dengan hari Kanker Sedunia Tahun 2023 ada beberapa hal yang harus sahabat ketahui mengenai bagaimana cara pencegahan atau menurunkan risiko terkena kanker diantaranya yaitu :

  1. Cegah dan atasi kanker dengan menghindari secara bersama  faktor risiko, mengenali tanda dan gejala serta melakukan deteksi dini. Upaya deteksi dini terus dikembangkan dalam rangka menurunkan angka kematian akibat kanker
  2. Cegah kanker dengan tidak merokok / terpapar asap rokok, diet sehat dengan kalori seimbang dan rajin beraktifitas fisik
  3. Menciptakan Lingkungan Sehat
  4. Bekerjasama menggerakkan jejaring dalam mendorong dan mewujudkan upaya pengendalian kanker

Demikian informasi yang dapat disampaikan, islam mengajarkan untuk menjaga kesehatan. Kita sebgai manusia hanyalah mahkluk Allah yang patut menyanyangi diri sendiri dan juga keluarga untuk mengatur pola hidup sehat agar terhindar dari berbagai macam penyakit. Namun sesungguhnya Allah SWT telah menciptkan segala sesuatu penyakit itu pasti ada obatnya. Seperti yang disebutkan dalam hadist berikut :

“Sesungguhnya Allah menurunkan penyakit dan obatnya dan menjadikan bagi setiap penyakit ada obatnya. Maka berobatlah kalian, dan jangan kalian berobat dengan yang haram" (HR. Abu Dawud dari Abu Darda)

Artikel Terkait